Budidaya kepiting untuk meningkatkan ekonomi

kepiting Bakau Hutan Desa Sungai Nibung 27 jan 2021 / 10:00 wib
kepiting Bakau Hutan Desa Sungai Nibung 27 jan 2021 / 10:00 wib

http://sungainibung.desa.id/ – Di era pandemi Covid-19 ini kepala desa Sungai Nibung dan kelompok Budidaya melakukan launching pelepasan indukan kepiting Bakau ketempat penangkaran pemijahan. Rabu 27 januari 2021

22 kolam pengankaran yang tebuat dari terpal ini didesain sedemikian rupa dan menyerupai habitat aslinya.

Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan(BP2DK) yang dinahkodai oleh Daeman Huri (direktur BP2DK Kalbar) adalah salah satu yang ikut serta dalam program budidaya kepiting Bakau ini, juga dihadiri oleh ketua karang taruna Desa sungai Nibung, dan kelompok budidaya .

Ribuan Hamparan hutan Bakau yang ada di wilayah Desa SUngai Nibung dinilai berpotensi tinggi menjadi area budidaya kepiting bakau.

Syarif Ibrahim yang juga kepala Desa Sungai Nibung mengatakan budidaya khususnya kepiting Bakau yang dilakukan tersebut sangat menguntungkan dan potensial.

“Budidaya (Pemijahan dan pembesaran atau penggemukan)” disamping untuk melestarikan Hutan juga tepat untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar hutan bakau” Tambah kepala Desa.

Kelompok budidaya kepiting bakau ini akan fokus untuk pemijahan, setelah berhasil pemijahan ini para kelompok akan melepaskan anakan kepiting bakau ke habitat aslinya dan sesuai Wilayah yang dipilih oleh kelopok budidaya.

“Saya berharap kelompok budidaya ini melakukan dengan serius agar tingkat keberhasilan semakin tinggi tidak hanya itu tapi kekopakan para kelompok juga dibutuhkan” Ungkap deman Huri.

Penulis :MRD

1 Comment

  1. Tidak sekadar mewajibkan pembudi daya kepiting soka untuk memproduksi benih kepiting, ada 2 tahap krusial yang terlewatkan yaitu tahap pendederan crablet dan pra-pembesaran untuk menghasilkan bibit kepiting dengan ukuran yang siap dibudidayakan menjadi kepiting soka minimal 60 gram. Untuk meningkatkan produksi dan menjaga kelestarian kepiting, Kementerian Kelautan dan Perikanan Cq. Dirjen Perikanan Budidaya diharapkan mengambil peran strategis sebagai lokomotif dalam mengisi kekosongan segmentasi usaha pendederan dan pra-pembesaran, sehingga mendorong investasi budi daya kepiting nasional berkembang pesat, sekaligus menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan devisa ekspor yang sangat dibutuhkan negara pada masa pandemi Covid ini.

Tinggalkan Balasan