Lokakarya Penyelesaian Sengketa Pertanahan Dan Hukum Di Kecamatan Teluk Pakedai

Sungainibung.desa.id – Kepala Desa (Kades) Sungai Nibung Syariff Ibrahim menghadiri kegiatan Lokakarya Penyelesaian Sengketa Pertanahan Dan Hukum Sekecamatan Teluk Pakedai, di Aula Kecamatan Teluk Pakedai Pada Kamis (7-11-2019) siang.

Dalam sambutannya, Camat Teluk Pakedai Rasudi mengatakan bahwa, meminta kepada seluruh kepala desa yang hadir untuk mendengarkan secara serius atas hal – hal yang akan dipaparkan oleh para narasumber yang sudah dihadirkan dalam kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini.

“Nanti kita buat dua sesi, bahkan kita akan berikan sesi tanya jawab. Sehingga para Kades dapat mengerti dan memahami tentang permasalahan tanah,” Kata Rasudi.

Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mempawah, Irina oktaviani S.H, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kades beserta Muspika Kecamatan Teluk Pakedai, karena telah hadir pada kegiatan Lokakarya Penyelesaian Sengketa Pertanahan Dan Hukum.

“Menurut undang-undang nomor 16 tahun 2014, kejaksaan mempunyai peran sebagai, Jaksa Penyelidik, Jaksa Penyidik, Jaksa Penuntut Umum, Jaksa Eksekutor, dan Jaksa Pengacara Negara. Jadi jika bapak – bapak ingin mendapatkan informasi ataupun berkonsultasi seputar Pertanahan, Kami selaku Kejari Mempawah selalu siap melayaninya,” ucap Irina.

Ditambahkan lagi oleh, perwakilan BPN Kabupaten Kubu Raya, Aditya menjelaskan, tugas dan wewenang sesuai dengan kepres adalah menerima Permohonan, pengukuran, dan lain sebagainya, guna mendapatkan kepastian hukum bagi kepemilikan tanah serta menyajikan informasi.

“Sementara permasalahan yang sering terjadi adalah kurangnya masyarakat dalam kesadaran untuk tertib administrasi, sehingga rawan menjadi sengketa dan kapasitas SDM yang kurang mendukung dalam kepengurusan administrasi pertanahan. Sehingga hal ini juga dapat menyebabkan kerawanan terjadinya sengketa tanah,” jelas Aditya.

Sementara itu, Kades Sungai Nibung Syariff Ibrahim meminta kepada seluruh dinas yang ada di Kabupaten Kubu Raya, untuk memberitahukan tentang kejelasan status atau legalitas dari wilayah Desa Sungai Nibung. Yang saat ini masih berwarna hijau didalam peta defenitif.

“Saya bingung, Desa Sungai Nibung ini milik siapa. Apakah milik Dinas Perikanan, Kehutanan,  Pertanian, Pemda atau Pemdes Kubu Raya, Mendagri atau Kemendes. Karena hal itu, saat ini sudah menjadi guyonan teman-teman yang dilontarkan langsung kepada saya. Baik itu didalam diskusi ringan, sampai dengan saat bersilaturahmi bersama teman – teman kades lainnya, ,” ucap Kades Sungai Nibung, sembari tersenyum.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt Asisten Pemerintahah Kabupaten Kubu Raya, BPN Kabupaten Kubu Raya, Polres Mempawah, Kejari Mempawah, Camat Teluk Pakedai, Danramil, Kapolsek, dan para Kades yang ada di Kecamatan Teluk Pakedai.

 

(Vicky)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan