Pengolah Kerupuk Desa

pengolaan kerupuk
pengilingan udang

Sungai Nibung- Ibu Syf. Nuripah adalah salah satu dari ibu-ibu didesa yang memiliki kemampuan membuat kerupuk udang khas desa sungai nibung, bu syf. Nuripah  mendapatkan bahan dasar pembuatan kerupuk dari nelayan setempat yaitu udang yang masih segar yang di kelola.

Pengolahan kerupuk bu syf. Nuripah masih dengan cara sederhana dari pembersihan udang yang masih dengan cara manual “setelah dibersihkan udangnya, di giling dengan mesin penggiling, lalu dicampur dengan bumbu rahasia, tepung ,penyedap rasa setelah itu dibungkus lalu di kukus hingga matang, ditiriskan tunggu sampai dingin dan di iris tipis”. Ujar ibu syf. Nuripah, Sambil membuat dengan menggunakan alat seadanya.

Kerupuk bu syf. Nuripah sudah memasuki pasar hingga ke kota Pontianak, dengan lebel kerupuk Putri Duyung berkat kerja keras dan tekat nya selama bertahun-tahun membuat kerupuk tersebut hingga kerupuk tersebut dapat dipasarkan. Dengan berbahan dasarkan udang terkadang bu syf. Nuripah mendapat hambatan bahan dasar dengan kondisi alam desa sungai nibung yang memiliki musim-musim yang berbeda dan setiap sebulan nya keadaan air yang berubah orang desa menyebut nya air kondah (kecil) dan air nyorong (tinggi), ini mempengaruhi pencarian udang oleh nelayan setempat.

penulis;eko fitriyani

Pengolaan kerupuk
Membersihkan udang. picture; ulfa sakinah
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan