Ikan Segar Melimpah di Desa Sungai Nibung

Hasil Laut Desa Sungai Nibung_picure musliadi
Kekayaan Laut yang Melimpah

Sungai Nibung – Sumber Daya Alam (SDA) di desa sungai nibung sangat melimpah khususnya dibidang perikanan, namun hal ini tidak berdampak positif bagi masyarakat menjadi sejahtera di karenakan masih adanya campur tangan pengepul (touke) yang mempengaruhi harga jual hasil produksi nelayan. Sehingga harga jual ditentukan oleh pengepul (touke). Selain itu nelayan sudah terbiasa dengan bantuan dan pinjaman touke yang tampa bunga 0%, tidak banyak administrasi dan laporan yang haru di lakukan oleh nelayan Sungai Nibung, bantuan yang di tawarkan oleh touke mulai dari uang tunai, alat tangkap perikanan, dan sarana prsarana yang menunjang para nelayan seperti kapal motor dan perlengkapannya.

Al hasil konsekwensi mereka kepada touke adalah harus menjual hasil tangkap mereka ke touke masing-masing yang telah membantunya. Walaupun dengan harga murah, para nelayan menyadari bahwa hal tersebut merugikan mereka, namun tidak ada pilihan lain yang bisa mengacukan dan mudah diakses mereka sehingga menjadi kebiasaan turu-temurun Nelayan Sungai Nibung.

Sampai saat ini di Desa Sungai Nibung tercatat ada enam pengepul (touke) dengan metode kerja yang sama untuk menarik para nelayan Sungai Nibung. Hal ini sangat bertolak belakang dengan bantuan yang di berikan oleh pemerintah, terlalu banyak hal yang harus diurus seperti administrasi dan bahkan sampai harus mengorbankan waktu bahkan sampai mengeluarkan biaya untuk mendapatkan bantuan, misalnya seperti harus mengurus kekabupaten dan lain-lain.

Hal ini menjadi tantangan bagi Pemerintah Desa saat ini untuk mengsinergikan,antara Nelayan Desa Sungai Nibung, Pengepul (touke) dan Pemerintah untuk menjadikan para Nelayan Sungai Nibung hidup sejahtera

penulis; muliadi

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan