Begini Cerita Pagi di Desa Sungai Nibung

Desa Sungai Nibung – Dipagi hari udara yang masih sejuk bapak saya sudah bersiap dan mengakjak adik saya untuk pergi ikut kegiatan assesment Focus Group Discussiond atau diskusi bersama di dusun sebelah, yakni di Desa Sungai Nibung.

Adik sayapun bergegas untuk bersiap-siap. Sesampainya di dermaga belakang rumah bapak saya melihat air di sungai masih surut.

“Kalau bergini Sal, kita harus pelan-pelan jalan nye,” kata bapak saya. Adik saya pun turun ke sampan dan membersikan sampan dari dedaunan yang berjatuhan karena sampan nya disimpan di bawah pohon.

Sal pun turun membuka tali sampan yang diikat pada salah satu tiang dermaga, lalu bapak saya pun menghidupkan mesin mereka pun mulai berjalan perlahan. Di sepanjang perjalanan mereka banyak melewati mangrove, anak-anak sungai dan bermacam-macam aneka satwa, seperti burung dan monyet.

Diperjalan dalam sungai sampan yang dibawa bapak tiba-tiba tesangkut karena sungai yang masih dangkal. Banyaknya kayu di dalam sungai tersebut lalu bapak pun mematikan mesinnya.

Lalu mengabil dayung untuk memacu perahu agar bisa bergerak dan ternyata sampannya tidak bergerak. Akhirnya bapak turun ke sungai untuk mendorong sampan di dalam sungai secara pelahan.

Sedikit demi sedikit terlewatkan air yang dangkal dan kayu-kayu yang berlimpangan di dalam sungai bapak pun melanjutkan perjalanannya dengan perlahan tapi hati-tahi takut sampan nya tersangkut lagi.

Setelah melewati jalan yang begitu melelahkan sampailah mereka di dusun sebelah. Sesampai di sana bapak mematikan mesin sampa. Sal pun mengikat tali sampan ke tiang jembtan untuk naik di depan toko milik warga setempat.

Bapak membereskan mesin sampannya dan menimba air dalam sampan selesai itu mereka berdua pun melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju kantor desa yang tidak terlalu jauh dari tempat meraka menyimpan sampan.

Mereka terburu-buru takut terlambat untuk mengikuti pelatihannya, ternyata sesampainya di lokasi Kantor Desa Sungai Nibung, Kecamatan Teluk Pekedai, Kabupaten Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Tim Assesment masih bersia-siap pelatihannya belum dimulai. Bapak pun beristrhat sebentar sambil minum kopi dan berbincang-bincang dengan warga setempat. Inilah cerita saya di desa, mana ceritamu?

Penulis: Eko Fitriyani

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan