Desa Sungai Nibung Lumbung Kepiting dan Penyelamat Penyu

Kawasan Hutan Mangrove Sugai Nibung
Kawasan Hutan Mangrove Sugai Nibung

Sungai Nibung – Desa Sungai Nibung,Kec. Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya, merupakan salah satu Desa yang terdapat dikawasan hutan lindung Mangrove dan berbatasan langsung dengan laut Cina Selatan.

Syarif Ibrahim Kepala Desa Sui Nibung mengatakan, Desanya seluruhnya masuk dalam kawasan hutan lindung, tetapi sebagian warganya tidak mengetahui.

“Kami sudah mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten dan Pusat agar Desa Kami dikeluarkan dari Kawasan Hutan lindung, karena kami sulit mendapat bantuan terutama pembangunan infrastruktur jalan, termasuk pertanian,”kata Ibrahim.

Desa Sungai Nibung untuk dikeluarkan dari kawasan lindung masih diproses oleh pemerintah Kabupaten dan DPRD Agar dikeluarkan dari kawasan hutan Lindung.

“Walau kami menuntut daerah kami untuk dikeluarkan kawasan lindung, tapi kami sudah membuat zona-zona sudah dimasukan dalam RPJM Desa dan Peraturan Desa,”Kata Ibrahim.(30/10)

Pemukiman Nelayan Sungai Nibung. Photo:Bowo

Ada tiga kawasan lindung yang disiapkan Desa, pertama:kawasan lindung kepiting, daerah ini tidak boleh memanen kepiting, karena wilayah ini dikhususkan untuk kembang biak kepiting bertelur dan  pembessar, kedua:zona perlindungan penyu, di Desa Sungai Nibung ada pantai berpasir tempat singgah dan betelurnya penyu, sehingga wilayah ini harus dilindungi, ketiga:zona kawasan lindung bekantan, bekantan adalah salah satu hewan yang dilindungi di dunia, maka desa membuat kawasan lindung, keempat:kawasan lindung mangrove, dan kelima:zona pemanfaatan.

“Jadi dengan zona-zona ini masyarakat Desa Sungai Nibung bisa menjaga alamnya secara lestari dan berkelanjutan,”kata Ibrahim Kades Sungai Nibung.

Ibrahim berharap, dengan ada zona-zona kawasan ini warga bisa mengelola kawasan pedesaan dengan baik dan berwawasan lingkungan.

“Masyarakat  sejahtera, lingkungan terjaga,”kata Ibrahim.(Eko)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan