Assessment Desa Broadband Terpadu

Sungai Nibung-Dalam rangka meningkatkan pemahaman aparatur desa tentang penyelenggaraan Desa Broadband Terpadu, Tim Assesor Desa Broadband, Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (PPSP3-LPPM IPB) yang bekerjasama dengan Kementerian KOMINFO, BP2DK dan BP3TI mengadakan Focus Group Discussion (FGD) di Desa Sungai Nibung, Kecamatan Teluk Pakedai. Kegiatan diselenggarakan di Ruang Pertemuan Kantor Desa Sungai Nibung  pada Kamis (5/10/2107) pagi.

FGD yang dipandu Tim Assesor Desa Broadband ini dihadiri oleh Kepala Desa Sungai Nibung, Syarif Ibrahim, dan 15 orang peserta yang mewakili dari perangakat desa, kelembagaan desa, pemuda dan masyarakat umum lainnya. Tampak hadir juga salah satu tim Surveyor Pemetaan Desa Broadband 2017,..

FGD terkait dengan kegiatan Assessment Pendampingan Penyelenggaraan Desa Broadband Terpadu Tahun 2017 di 222 Desa di Indonesia dimana Desa Sungai Nibung sebagai salah satunya. Ini bertujuan untuk meninjau dan mengkaji kemampuan desa-desa penerima program Desa Broadband Terpadu 2017 dalam memahami Platform tata kelola Desa yang terpadu dan berkelanjutan dalam program Desa Broadband Terpadu.

Pembahasan FGD kali ini antara lain membahas tentang data sekunder desa yakni mengenai luas wilayah dan jumlah peduduk 5 tahun terakhir. Kemudian pemanfaatan sarana dan prasarana Internet di Desa Sungai Nibung, sasaran kebutuhan dasar desa serta identifikasi profil desa, tipologi desa dan strategi pengembangan desa.

Sementara itu Tim Surveyor Pemetaan Desa yang di pandu melakukan pemetaan wilayah desa dan batas-batas wilayah dengan desa-desa lain bersama kepala dusun se-Desa Sungai Nibung yang telah dilakukan sehari sebelum FGD berlangsung.

 

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sungai Nibung  menyatakan rasa terima kasihnya kepada tim assesor yang telah hadir di Desa Sungai Nibung, Kegiatan ini menurutnya tidak hanya sebagai diskusi biasa, ini merupakan wadah besar bagi desa Sungai Nibung  dalam menyampaikan aspirasi, pendapat dan harapan terhadap kemajuan Desa Sungai Nibung.

 

Menjadi salah satu Desa Broadband merupakan satu kesempatan baik dalam meningkatkan dan memperkenalkan potensi desa Sungai Nibung.
“Saya berharap program pemerintah ini dapat berlanjut sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat desa dan menjadikan desa-desa di Indonesia menjadi lebih baik dengan internet,” harapnya. (AN)

 

4 Comments

  1. mantap !! semoga apa yang menjadi harapan kita bersama cepat terwujud dan menghasilkan output dan outcome bagi percepatan pembanguna daerah pesisir dan tertinggal.

  2. Murdianto: Supervisor Desa Broadband -PSP3 LPPM IPB
    Alhamdulillah, berita tentang assesment pendampingan desa Broadband, telah dimuat. Harapan kami, desa Sungai Nibung mendukung sepenuh tenaga dan ide bagi suksesnya pengembangan desa broadband, dalam kerangka membangun Desa “3T”, sehingga mampu mengatasi ketertinggalan informasi aktual dan faktual demi kesejahteraan warga desa.
    Dengan terbangunnya akses komunikasi dan informasi diharapkan, keterisoliran desa secara fisik dapat diatasi dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi dan Informasi, sehingga desa mampu memanfaatkan potensi/sumberdaya desa sebagai sumber pendapatan warga dan income bagi pemerintahan desa.
    Desa Sungai Nibung kaya akan sumberdaya laut (pesisir) dan darat yang dapat dioptimalkan pemanfaatannya namun tetap mempertahankan kelestarian sumberdaya. hutan lindung mangrove, misalnya dapat dikelola dengan teknik budidaya Kepiting, Udang, maupun kerang.
    Komitment Kepala Desa (Syarif Ibrahim) yang memiliki Visi-Misi jangka panjang bagi kesejahteraan warga desa Sungai Nibung, perlu didukung oleh aparatur desa yang mumpuni dan disokong oleh BPD dan Tokoh masyarakat.
    Upaya mensukseskan pembangunan kesejahteraan warga desa, tampaknya masih mengalami kendala kepastin hukum akan sumberdaya lahan, sehingga warga dan pemerintahan desa mampu mengelola sumberdaya alam dalam ranah hukum yang pasti dan menjaga kelestarian sumberdaya (termasuk hutan mangrove) melalui konservasi dengan memperhatikan kearifan lokal dan aspek legal.

    • Terima kasih Pak atas dukungan bagi Desa Sungai Nibung , semoga apa yg menjadi harapan dan cita-cita bersama segera terwujud dengan percepatan dan terintegrasi lintas sektoral sebagaimana telah dicanangkan oleh Bapak Presiden Jokowi.

Tinggalkan Balasan