Alam Dijaga,Desa Sejahtera

Kawasan Hutan Mangrove Desa Sungai Nibung, Photo:Lon
Kawasan Hutan Mangrove Desa Sungai Nibung, Photo:Lon

Nibung-Desa Sungai Nibung Kecamatan Telok Pakedai merupaka Desa yang berada di Kawasan Hutan Lindung Mangrove. Aparat Desa dan masyarakat megagas program-program yang berbasiskan sumber daya alam disekitar kawasan hutan.

Ibrahim kepala Desa Sungai Nibung mengatakan,Desa Sungai Nibung berada dikawasan hutan lindung mangrove, memang untuk melakukan pembangunan sangat terbatas karena dibatasi oleh status kawasan yang berada dikawasan hutan lindung.

Maka kami mengajukan kepada pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan DPRD beberapa kawasan agar dikeluarkan dari kawasan lindung. Agar Desa dan masyarakat tidak takut dalam mengelola kawasanya,kata Ibrahim.

Ibrahim menjelaskan, walaupun Desa Nibung berada dikawasan hutan, apara Desa tidak putus asa. Kami telah membuat rencana tata ruang desa bebasiskan sumber daya alam,kata ibrahim.

Ibrahim menerangkan, yang disebutkan berbasiskan sumber daya alam adalah masyarakat Desa memamfaatkan kawasan hutanya yaitu dengan memamfaatkan hasil hutan non kayu, seperti ikan, kepeting,eko wisata dan lain-lain. Intinya kami tidak merusak kawasan hutanya,kata Ibrahim.

Desa Sungai Nibung, wilayahnya berbatasan langsung dengan laut China Selatan, dalam rencana tata ruang desa. Desa Sungai Nibung sudah memiliki kawasan hutan inti atau kawasan konservasi kawasan ini dijadikan kebun bibit, kawasan ikan dan kepiting bertelur.

Warga dilarang sembarangan masuk dalam kawasan ini, apalagi melakukan aktivitas tampa seizin aparat desa,kata Ibrahim.

Selain itu Ibrahim menjelaskan, kawan pemamfaatan, kawasan ini hanya bisa dilakukan untuk aktivitas penangkapan ikan dan kepenting bagi masyarakat Desa Sungai Nibung.

Kawasan wisata berada dikawasan hutan mangrove baik zona lindung,zona pemamfaatan seperti dikawasan pantai Paloh.

Di pantai paloh Desa dengan bantuan NGO sudah membangun pusat wisata, dan pusat penyelamat penyu.

Kalau dilaut lebas, Desa sudah membuat kebijakan pelarangan pemburuan hewan-hewan yang dilindungi seperti ikan hiu, pari maupu lumba-lumba yang merupakan salah satu endemik sekitar laut Desa Sungai Nibung.

Ibrahim berharap, dengan menjaga dan memamfaatkan sumber daya alam dengan baik, warga Desa Sungai Nibung bisa sejahtera.

Untuk mendukung itu pada tahun 2016 sudah disiapkan Perdes RTRW Desa dan Perdes Pengelolaan Sumber Daya Alam Desa.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan