Transparansi Ala Desa

Info Grafis Keuangan Desa Sungai Nibung
Info Grafis Keuangan Desa Sungai Nibung

NB-Desa tahun 2016 mendapatkan limpahan dana yang cukup besar rata-rata desa di Kabupaten Kubu Raya. Dana Desa jika di gabung dengan ADD bisa mencapai satu miliar rupiah. Begitu juga  di Desa Nibung, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya Kalimantan barat mendapatkan dana sebesar. Rp. 1.106. 699.900-.

Menurut Kades Sungai Nibung dana Desa Sungai Nibung yang cukup besar wajib diketahui seluruh masyarakat Desa Sungai Nibung, termasuk penggunaan dana tersebut untuk apa saja. Dengan tersendirinya masyarakat akan berpartisipasi dalam pembangunan desa.

” Minimal setelah warga mengetahui peruntukan dana Desa, warga bisa mengawasi proses demi proses penbangunan, lebih baik ada yang terlibat dalam pembangunan Desa,”kata Ibrahim.(11/9)

Info Grafis Keuangan Desa Sungai Nibung
Info Grafis Keuangan Desa Sungai Nibung

Ibrahim mengatakan, Desanya membuat infografis tentang keuangan Desa dan penggunaanya. Infografis tersebut dicetak dalam bentuk baliho disimpan ditempat-tempat strategis di Desa.

Didalam infografis tersebut berisikan,pendapatan APBDES Desa Sungai Nibung sebesar Rp. 1.106. 699.900-,  dengan rincian dari dana ADD sebesar Rp. 448.400.000,-, Dana Desa Rp. 612.860.000, bantuan keuangan provinsi Rp.4.718.8000, dan dana silpa Rp.681.500,-

Dana-dana tersebut diperggunakan untuk pembangunan 49.4 %, Pemerintahan 38.6%, Pemberdayaan 8%,  dan pembinaan 4%.

Ibrahim berharap, dengan dipublishnya keuangan Desa ke warga, warga Desa Sungai Nibung makin peduli  dan berpartisipasi pada pembangunan.

“Yang terpenting Desa makin maju, warga makin sejahtera,”harap Ibrahim.Sj

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan