Pantai Tengkuyung Wisatanya Desa

Indah sekali pantai tengkuyung
Pantai Tengkuyung kawasan wisata Desa Sungai Nibung

SN- Desa Sungai Nibung, Kecamatan Telok Pakedai Kabupaten Kubu Raya, merupaka salah satu Desa yang berbatasan langsung dengan laut Cina Selatan. Selain memiliki potensi Wisata Hutan Mangrove, permukiman nelayan, pemancing, Desa Sungai Nibung memiliki pantai paloh. Panjang pantai paloh sepanjang 10 KM.

Menurut Syarif Ibrahim, dulu namanya pantai Paloh sekarang diganti namanya menjadi pantai Tengkuyung, Kini pantai Tengkuyung menjadi salah satu wilayah parawisata Desa Sungai Nibung, selain kawasan hutan mangrove, dan wisata pemancingan.

Pantainya sangat indah, disekitarnya ada pohon cemara dan berbatasan langsung dengan laut China Selatan,kata Ibrahim.

Ibrahim mengatakan, sudah dibuat ada  peraturan Desa Sumber Daya Pesisir,  termasuk pantai tengkuyung sebagai lokasi wisata.

Untuk meningkat kunjungan wisatawan disini sangat diperlukan Fasilitas penunjang, dan beberapa fasilitas penunjang sudah di bangun, kata Ibrahim.

Ibrahim menerangkan, selain ditetapkan jadi kawasan wisata sebagian wilayah pantai tengkuyung dijadikan wilayah konservasi penyu dan burung.

Harapan Ibrahim, pihak-pihak terkait yang akan membangun kerja sama tidak mengabaikan kearifan lokal.

Baru-baru ini ada penelitian burung di pantai tengkuyung. Hasil penelitian ditemukan burung migran dari rusia, eropa timur, dan Australia. Selain itu di perairan paloh terdapat lumba-lumba tanpa sirip, dan kawasan hutan mangrove yang bisa dinikmati keindahan panorama alamnya.

Adi Prabowo salah satu pengunjung mengatakan, luar biasa pantai tengkuyung ini saya baru tahu disekitar Pontianak ada pantai seindah ini.

Apa lagi selain pantai ada hutan mangrove, berbagai jenis hewan ada disini  seperti pesut, bekantan,lutung, penyu yang bisa dijadikan icon wisata Desa Sungai Nibung,kata Bowo.

Untuk menuju pantai tengkuyung dari Kota Pontianak bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua, ataupun motor air kelotok atau speed boat. Menggunakan kendaraan roda dua bisa ditempuh dua jam, speed boat juga dua jam, kalau menggunakan motor kelotok bisa ditempuh enam jam.

Kelebihan menggunakan motor air kelotok, pengunjung bisa menikmati rimbunnya hutan mangrove, dan kalau beruntung bisa melihat bekantan yang lagi bermain dikawasan hutan mangrove, buaya dan lumba-lumba. Bagi yang hobi mancing bisa sewa perahu nelayan, pengunjung bisa mancing dikawasan rimbunnya hutan mangrove atau dilaut lepas laut cina selatan.Sj

Facebook Comments

3 Comments

Tinggalkan Balasan