Sungai Nibung Desa Wisata dan Desa Konservasi

Desa Sungai Nibung, Desa Wisata dan Desa Konservasi

SN-Desa Sungai Nibung Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya merupakan salah satu Desa yang berada dikawasan Hutan yang berbatasan langsung dengan laut China Selatan. Pontensi Desa sangat besar sekali, yaitu sebagai Desa Wisata dan Desa Konservasi.

Menurut Syarif Ibrahim Kepala Desa Sungai Nibung, Desa Sungai Nibung berada di kawasan hutan lindung mangrove. Ada beberapa jenis pohon bakau, hewan yang dilindungi seperti Bekantan dan Pesut serta pantai berpasir sepanjang tiga kilo meter.

Untuk menunjang pembangunan Desa Wisata, Ibrahim mengatakan, dalam RPJM Desa Sungai Nibung sudah memasukan menjadi Desa Wisata dan Desa Konservasi.

Persiapan-persiapan menuju Desa Wisata, Desa sudah menyiapkan fasilitas seperti tempat santai, berjualan, homestay, serta menyiapkan regulasi seperti perdes aturan menuju Desa Wisata, kata Ibrahim.

Karena Desa Sungai Nibung Berada di kawasan hutan mangrove, Ibrahim mengatakan, Desa Sungai Nibung ditetapkan juga  menjadi kawasan konservasi.

Untuk menuju Desa Konservasi. Desa Sungai Nibung sudah melakukan pemetaan, zona-zona kawasan seperti zona konservasi, zona pemamfaatan, sehingga kawasan tersebut memiliki nilai ekonomis,kata Ibrahim.

Untuk dipantai Paloh Sungai Nibung, menurut Ibrahim, Desa sudah menyiapkan tempat penangkaran penyu. Karena penyu kalau tidak ditangkarkan terlebih dahulu, dikwatirkan dimakan hama seperti anjing, berang-berang, burung dan lain-lain, maka kami membuat penangkaran penyu nanti kalau sudah besar kami lepaskan ke laut,kata Ibrahim.

Ibrahim berharap, untuk mewujudkan itu semua diperlukan dukungan masyarakat desa dan teman-teman pendamping termasuk NGO. Sj

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan